APBD Banten di Catut Atut – Dugaan

22 10 2013

 

Ratut Atut Banten Foto@KoranTempo

Ratut Atut Banten Foto@KoranTempo

Dana hibah dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Banten yang mengucur ke keluarga dan kelompok kekuasaan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah disebut mencapai 50 persen dari anggaran. “Dana APBD Banten 50 persen lainnya menguap tanpa memiliki dampak ekonomi masyarakat Banten,” kata pengamat politik dari Universitas Sultan Agung Tirtayasa Serang, Gandung Ismanto, kepada Tempo, Senin, 21 Oktober 2001.

Gandung mengatakan, keluarga Atut dengan sadar merasa penting untuk menguasai organisasi masyarakat. Sebab, akses partai dan masyarakat atau partai kepada masyarakat saat ini semakin lemah. “Untuk itu, penguasaan kelompok masyarakat di luar partai politik dianggap sangat penting,” kata Gandung.

Dinasti keluarga Atut disebut menerima puluhan miliar dana hibah dari APBD tahun anggaran 2012. Dana itu diberikan ke yayasan, organisasi, dan lembaga yang dipimpin oleh adik, anak, dan menantu Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah, serta jaringan keluarga Atut. Uang APBD tersebut mengalir melalui program bantuan hibah dan bantuan sosial.

Sejumlah pondok pesantren yang menyelenggarakan kegiatan belajar-mengajar pendidikan umum juga dikucuri dana hibah antara Rp 1 miliar hingga Rp 3,5 miliar. Penerima hibah itu diyakini satu garis koordinasi melalui forum pondok pesantren modern yang menjadi pendukung Ratu Atut Chosiyah dan Chaeri Wardana, yang difasilitasi partai politik.

Sekretaris Daerah Provinsi Banten, Muhadi, mengatakan mengenai dikucurkannya danah hibah, pihaknya sudah melakukan sesuai dengan aturan. “Mengenai hibah dan bansos boleh diberikan kepada siapa saja, dan itu diberikan telah mengacu ke Permendagri,” kata Muhadi kemarin.

Terkait adanya pemberian dana hibah untuk Kadin yang diketuai adik Gubernur, Muhadi mengatakan Kadin memiliki bagian UMKM-nya. “Jadi kami juga berharap Kadin bisa membantu pemerintah dalam membina UMKM yang ada di Banten,” ujar Muhadi. KoranTempo


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: