PU baru koran Jurnal Nasional orang Banten

21 11 2005

[WongBanten]

Kawan,

Bukan hendak berpikir primordialis, tapi saya merasa bangga banyak orang Banten di perantauan jadi orang penting. Salah satunya bernama Syamsudin Haesy. Dia adalah Pemimpin Umum Harian Umum Jurnal Nasional yang baru. Saya baru saja datang dari istirahat makan siang ketia Pemred Ramadhan Pohan dan Redpel Agus Sopian mengenalkan saya pada pria tinggi besar itu. Begitu berjabat tangan, Bang Syamsudin langsung bertanya pada saya:” Rangkasbitungnya di mana, Bon?”

“Di Sunan Giri, Bang. Dekat Abah Yusuf,” jawab saya.

Sebetulnya saya sudah mendengar namanya sebagai PU baru Jurnas dari
Taufik Rahzen, redaktur senior harian ini. Rahzen bilang kalau
Syamsudin ini anak seorang tokoh Sarekat Islam (SI) di Banten. Saya
langsung menebak, pasti anak Kyai Ahmad Chatib.

Ketika berkenalan, saya langsung “tembak” boss saya yang baru ini
dengan pertanyaan, “Apakah Bang Syamsudin putranya Kyai Chatib?” Dia
langsung jawab, “ya, benar.”

Kyai Achmad Chatib adalah residen (bumiputera) Banten pertama. Dia adalah kyai penggerak pemberontakan tahun 1926, juga pemimpin SI yang cukup disegani.

Perkenalan tadi langsung berlanjut pada diskusi soal Banten: mulai dari sejarah sampe
Pilkadal kemarin. Dia begitu fasih bicara mengenai Banten, kampung
halaman yang menjadi tempat kelahirannya. Kebetulan, dalam kunjungan
saya ke Leiden tanggal 17 Februari – 10 Maret mendatang, saya akan menelusuri
sumber-sumber sejarah SI di Banten. Secara mahir dia menjelaskan tentang keberadaan arsip-arsip SI di Belanda.
“Wah, haibat sekali orang ini,” kata saya dalam hati. Sober dan baik hati.

Saya kembali bergairah. Banten tidak hanya melahirkan jawara, tapi juga wartawan-intelektua l plus pemimpin. Berita baik bagi Banten.

Tabik,

Bonnie Triyana

[WongBanten] PU baru koran Jurnal Nasional orang Banten


Actions

Information

Leave a Reply

