Berkas Korupsi Gubernur Banten Dilimpahkan ke PN

21 06 2005

Serang,  Aparat kejaksaan melimpahkan berkas kasus dugaan korupsi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Provinsi Banten tahun 2003 sebesar Rp 14 miliar dengan tersangka Gubernur Banten Djoko Munandar ke Pengadilan Negeri Serang, Senin (6/6). Dengan pelimpahan berkas tersebut, secara resmi Munandar berstatus sebagai terdakwa.

Pelimpahan berkas kasus dugaan korupsi Gubernur Banten diawali dengan penandatanganan berita acara di Kejaksaan Tinggi Banten. Dalam kesempatan itu, Gubernur Banten Djoko Munandar didampingi Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Banten Chaeron Muchsin, Asisten Daerah Bidang Tata Praja Sulaeman Afandi, dan Kepala Biro Hukum Syamsul Ma’arif.

Penyerahan tahap kedua atau penyerahan berkas perkara dan tersangka dari jaksa penyidik kepada jaksa penuntut umum (JPU) dilakukan di Kejaksaan Negeri Serang. Kepala Kejaksaan Tinggi Banten Kemas Yahya Rahman mengatakan, berkas tersangka yang berisi sejumlah berita acara pemeriksaan dan barang bukti setebal 15-20 sentimeter langsung dilimpahkan ke Pengadilan Negeri (PN) Serang.

“Dengan dilimpahkannya berkas tersebut ke pengadilan, mulai tadi sudah masuk tahap persidangan dan tersangka sudah resmi berstatus terdakwa,” ujar Kemas. Pihaknya menunjuk I Gede Sudiatmadja yang juga Asisten Intelijen Kejati Banten sebagai ketua tim JPU.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Pemprov Banten H Kurdi Matin mengatakan, acara penyerahan tahap kedua dilaksanakan pagi sekitar pukul 08.00.

“Pada prinsipnya, Bapak Gubernur menyatakan lebih cepat selesai (penanganan hukum dalam kasus ini) lebih baik,” kata Kurdi.

Kepala Pengadilan Negeri Serang Husni Rizal mengatakan, pihaknya akan mempelajari dulu berkas perkara yang dilimpahkan aparat kejaksaan untuk meneliti kelengkapan dan kekurangannya.(sam)


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: